Mitos Umum Mengenai Penyakit Ginjal

Mitos Umum Mengenai Penyakit Ginjal Desember 2019

Ginjal adalah dua organ yang terletak di rongga perut di kedua sisi tulang belakang, di tengah punggung, tepat di atas pinggang. Ginjal didukung oleh beberapa peran hidup: memurnikan darah dengan menghilangkan limbah dan kelebihan cairan, menjaga keseimbangan darah dan mineral dalam darah dan membantu mengatur tekanan darah.

nutrinext

Ketika ginjal rusak, cairan dan cairan dapat terakumulasi dalam produk, menyebabkan pembengkakan pada pergelangan kaki, muntah, lemah, kurang gangguan tidur dan pernapasan.Berbagai mitos yang beredar sering membuat orang bingung dan salah bertindak untuk menjaga ginjal tetap sehat. Berikut adalah lima mitos tentang penyakit ginjal, mengikuti penjelasan yang benar berdasarkan fakta-fakta sains.

Mitos pertama: Penyakit ginjal adalah penyakit langka. Anda mungkin terkejut menemukan bahwa orang dengan masalah ginjal cukup banyak di Indonesia. Pada akhir 2015, ada sekitar 96.000 orang dengan gagal ginjal kronis, tahap kelima. Menurut WHO, 54% penyebab kematian di Indonesia adalah karena penyakit kronis dan penyakit ginjal adalah penyakit yang jumlahnya terus meningkat setiap tahun. Hipertensi, diabetes, riwayat keluarga gagal ginjal, usia 60 tahun atau lebih merupakan faktor yang meningkatkan risiko penyakit ginjal.

Mitos kedua: Anda akan tahu jika Anda memiliki penyakit ginjal. Sayangnya, kebanyakan orang dengan masalah ginjal tidak tahu penyakitnya sejak awal. Karena pada tahap awal penyakit ginjal, kebanyakan orang tidak memiliki gejala. Gejala mungkin tidak terjadi sampai penyakit ginjal mencapai stadium lanjut. Cara terbaik untuk mengetahui apakah Anda memiliki penyakit ginjal adalah menemui dokter.

Mitos ketiga: Skrining untuk penyakit ginjal adalah proses yang panjang dan mahal. Uji untuk melihat apakah penyakit ginjal hadir atau tidak relatif murah. Tes dapat dilakukan dengan dua cara sederhana, yaitu tes urine untuk menentukan kandungan protein dan tes darah untuk memperkirakan GFR (laju filtrasi glomerulus). GFR akan menunjukkan seberapa baik kerja ginjal.

Mitos keempat: Jika Anda memiliki risiko penyakit ginjal, Anda tidak dapat melakukan apa pun untuk menghentikannya. Tidak semua orang yang berisiko akan memiliki penyakit ginjal. Anda dapat melindungi ginjal dengan makan dengan cara yang sehat dan alami, melalui pelatihan teratur, tekanan darah dan kontrol glukosa darah, menjaga berat badan yang sehat, berhenti merokok dan mengonsumsi terlalu banyak obat. Semua langkah ini akan membantu Anda menjaga ginjal Anda tetap sehat, tetap sehat, dan mengurangi risiko penyakit ginjal.

Mitos kelima: Tidak ada yang tahu apa yang menyebabkan penyakit ginjal. Dua penyebab paling umum dari penyakit ginjal adalah diabetes dan hipertensi. Keduanya dapat mempengaruhi ginjal, menyebabkan kerusakan pembuluh darah kecil di ginjal. Banyak faktor lain yang dapat merusak ginjal seperti: - penyakit jantung - glomerulonefritis, penyakit yang menyebabkan radang ginjal - penyakit ginjal polikistik, yang menyebabkan pembentukan kista di ginjal.


Keywords : pengertian ginjal obat penyakit ginjal struktur ginjal ginjal dan fungsinya ukuran ginjal penyebab penyakit ginjal fungsi ginjal gejala awal penyakit ginjal,